Uncategorized

UncategorizedJALAN MALIOBORO YANG IKONIK
2 years ago

JALAN MALIOBORO YANG IKONIK

Dalam tulisan ini, akan dibahas sejarang mengenai jalan Malioboro Yogyakarta. “Malioboro” dalam bahasa Sansekerta berarti karangan bunga. Karangan bunga ini berkaitan dengan sejarah Keraton Yogya yang suka menyebarkan bunga ketika sedang mengadakan event besar.

Perkembangan di seputaran jalan Malioboro pada masa dulu didominasi oleh Belanda melalui pemerintahannya, VOC dalam rangka mendirikan kekuatan ekonomi di sana, Pada masa kemerdekaan, jalan Malioboro juga memiliki peranan sangat vital karena sebagai akses masuk untuk menyerang penjajah Belanda saat itu.

Pada masa ini, jalan Malioboro seringkali menjadi ikon kota Yogyakarta bagi wisatawan domestik yang berkunjung ke sana.Pada siang hari, jalan Malioboro terlihat sesak oleh pedagang kaki lima, dan pada malam harinya, meriah oleh pejalan kaki dan juga pedagang yang menjajakan barang dagangannya di sana.

Banyak wisatawan lokal dan dari negara lain yang berkunjung ke jalan legend ini, kebanyakan dari mereka akan berfoto di depan plang jalan Malioboro dan mengunggahnya ke social media. Memang, jalan Malioboro terkesan melegenda karena rasanya tidak afdol kalo ke Yogyakarta tanpa mengunjungi dan berfoto di depan jalanan yang menjadi saksi bisu Serangan Umum 1 Maret ini.

Kita bisa sejenak beristirahat dan menikmati pemandangan orang-orang berlalu-lalang di depan kita sembari menikmati pisang rebus dengan teh atau kopi saat menjelang sore.

Untuk mencapai daerah ini, kita perlu menggunakan transportasi yang kita sukai, misalnya pesawat terbang, kereta api atau bahkan bus menuju kota pelajar ini.

Khusus untuk pengguna bus dari Jakarta, ada banyak bus yang melayani rute Jakarta-Yogyakarta, salah satunya adalah PO Prayogo yang terkenal dengan bus kelas eksekutifnya. Bus ini mematok tarif mulai dari 150 ribu rupiah, cukup murah untuk bus dengan fasilitas lengkap.

Bus jakarta jogja ini berangkat dari terminal Lebak Bulus, Bogor, dan Cileduk menuju terminal Jogjakarta. Waktu keberangkatan biasanya pada pukul jam 2 siang hingga 5 sore dan tiba di Yogyakarta pada pukul 6 pagi.

Bus Prayogo memang memiliki kenyamanan dan keamanan yang lebih baik dibanding bus lain, karena itu tak heran jika harganya relatif lebih tinggi.

alicehunter Administrator

Leave a comment